Selasa, 16 Desember 2008

Opera Tingkatkan Keamanan, Firefox Rilis Edisi Terbaru

Pengembang software Opera meliris browser versi terakhir yaitu Opera 9.5 pada hari kamis lalu, dan rival-nya Mozila mengumumkan akan merilis sebuah update utama dari browser Firefox pada Tanggal 17 Juni 2008. Kedua browser ini menambahkan sebuah feature yang terfokus pada security, dimana feature tersebut merupakan teknologi yang di desain untuk mem-block proses download dan eksekusi dari kode-kode jahat. Di lain pihak Internet Explorer 8, browser terbaru dari Microsoft masih dalam tahapan beta dan juga akan menambahkan feature anti-malware.

“Opera 9.5 menggambarkan sebuah puncak dari 2 tahun menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan komunitas kami dan merubah browser kami dengan menambah banyak feature dan kemampuan sesuai dengan yang mereka minta” Kata Jon von Tetzchner, CEO dari Opera, di tengah acara peluncuran browser Opera.

Para penyerang (External attackers) mempunyai fokus yang tinggi terhadap browser sebagai sebuah pintu masuk untuk melakukan penyerangan yang tidak akan diduga oleh para pengguna komputer. Diantara teknik yang populer digunakan adalah menyerang web server dengan menggunakan kode untuk mengalihkan pengunjung web ke server hosting yang mengandung kode-kode jahat. Anti-malware dibangun berdasarkan feature anti-phishing dari kerjasama 3 perusahaan pembuat browser tahun lalu.

Opera mengumumkan pada minggu lalu, telah menggunakan teknologi anti-malware dari Perusahaan Keamanan Haute Secure. Teknologi ini lebih dari sekedar mem-block situs dan link-link jahat , kata pihak Opera kepada SecurityFocus dalam sebuah wawancara.

Versi Opera terbaru dapat di download melalui Website Perusahaan mereka, sedangkan Firefox versi terbaru akan bisa di peroleh pada hari Selasa, 17 Juni 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar